Poltekkes Kemenkes Pontianak, Siap Rintis IPE-IPC

Pontianak – Poltekkes Kemenkes Pontianak memilik enam Jurusan, yaitu Kesehatan Lingkungan, Gizi & Dietetika, Kesehatan Gigi, Teknologi Laboratorium Medik (TLM), Kebidanan dan Keperawatan. Selanjutnya dari 6 jurusan ini berdirilah 13 Program Studi, yakni D III Kesehatan Lingkungan, D IV Sanitasi Lingkungan, D III Gizi, Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, D III Kesehatan Gigi, D III TLM, Sarjana Terapan TLM, D III Kebidanan, Sarjana Terapan Kebidanan, Profesi Bidan, D III Keperawatan, Sarjana Terapan Keperawatan, dan Profesi Ners. Tidak tanggung-tanggung, Poltekkes Kemenkes Pontianak langsung memulai dengan langkah besar yaitu kerjasama 13 program studi tersebut dalam wujud interprofessional collaboration.

  

Ibu Dr. Fathmawati, M.Kes.

Wadir I Poltekkes Kemenkes Pontianak membuka workshop

 

Langkah besar ini disiapkan dari awal mahasiswa memasuki bangku perkuliahan. Tidak hanya diaplikasikan pada tingkat akhir proses studi demi mewujudkan kerjasama yang baik antar mahasiswa. Mereka dituntut untuk dapat bekerjasama dalam tim dengan latar belakang profesi yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, Poltekkes Kemenkes Pontianak, dalam hal ini Pusat Pengembangan Pendidikan yang dimotori oleh Bapak Ir. Martinus Ginting, M.Kes. mengundang Prof. Dr. Budi Anna Keliat, SKp, MAppSc yang merupakan guru besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dalam agenda workshop Interprofessional education (IPE) yang dilaksanakan pada 17-19 November 2021 di Hotel Golden Tulip Pontianak. Beliau menyampaikan apresiasi kepada Poltekkes Pontianak yang telah “berani” memulai pelaksanaan IPE-IPC sejak awal mahasiswa masuk kuliah sampai selesai. Materi yang disampaikan sangat menarik dan menekankan bagaimana pendidikan secara bersama-sama dapat dilakukan dengan mengarah kepada Indikator Keluarga Sehat di wilayah binaan Poltekkes Pontianak.

Bapak Ir. Martinus Ginting, M.Kes

Kapus. PUSBANGDIK sedang memberikan arahan

 

Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari peserta karena merupakan hal yang telah dicita-citakan sedari dulu. Peserta workshop yang terdiri dari dosen masing-masing jurusan sangat antusias untuk menyusun atau mapping kegiatan prodi demi keberhasilan IPE-IPC. Poltekkes Kemenkes Pontianak, siap untuk mencetak tenaga kesehatan yang kompeten dan professional! (Red- Ata).

Jajaran dosen peserta workshop IPE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *