WISUDA XXX POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK

 Pontianak,

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karuniaNya hari ini kita semua dapat melaksanakan prosesi Wisuda ke tiga puluh Poltekkes Kemenkes Pontianak, tahun akademik 2021/2022.

Pelaksanaan wisuda Poltekkes Kemenkes Pontianak yang ke-30 ini diikuti oleh 634 wisudawan. Pelaksanaan wisuda ini kami bagi dalam dua hari. Wisudawan hari pertama adalah dari jurusan Kesehatan Lingkungan, Gizi, Teknologi Laboratorium Medis dan Kebidanan. Pada hari kedua, menyusul jurusan Keperawatan dan Kesehatan Gigi. Hal ini dilakukan semata-mata untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Peserta wisuda kali ini merupakan peserta yang pertama diberlakukan exit exam sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 tahun 2020. Mahasiswa dinyatakan lulus apabila telah berhasil menyelesaikan seluruh tahapan akademik dan lulus uji kompetensi tenaga kesehatan. Alhamdulillah, rerata capaian kelulusan uji kompetensi yang diikuti mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pontianak pada periode 1 dan 2 tahun ini adalah 95%. Pada uji kompetensi ini, peserta dari Program Studi Keperawatan dan Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga berhasil lulus 100%. Pada wisuda ke-30 ini, 46,5% wisudawan lulus dengan predikat dengan pujian, 53,2% lulus dengan predikat sangat memuaskan dan 0,3% lulus dengan predikat memuaskan. Kami mohon doa dari hadirin sekalian semoga kami dapat mengantarkan mahasiswa kami mencapai kelulusan yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang.

LAPORAN DIREKTUR POLTEKES PONTIANAK

 

Program Profesi

IPK tertinggi pada Prodi Profesi Ners diraih oleh Maya Masita Ratri dengan IPK 4 predikat Dengan Pujian.

 

Program Sarjana Terapan

IPK tertinggi pada Prodi Keperawatan Pontianak diraih oleh Salsabila Nurmalia dengan IPK 3,91 predikat Dengan Pujian.

IPK tertinggi pada Prodi Keperawatan Singkawang diraih oleh Putra Ardhana dengan IPK 3,87 Predikat Dengan Pujian.

 

Program Diploma Tiga

IPK tertinggi pada Prodi Keperawatan Singkawang diraih oleh Vivi Hidayah dengan IPK 3,86 predikat Dengan Pujian.

IPK tertinggi pada Prodi Kesehatan Gigi diraih oleh Dea Restiani dengan IPK 3,63 predikat Dengan Pujian.

 

Selain prestasi akademik, saya juga menyampaikan apresiasi terhadap wisudawan yang telah berprestasi di luar bidang akademik.

 

 

Program Profesi

 

Lucky Prisandi dari Prodi Profesi Ners dengan prestasi publikasi pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus Q3 Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences pada tahun 2020.

Program Sarjana Terapan

Leo Fatryanto dari Prodi Keperawatan Pontianak dengan prestasi:

  1. Juara I Video Edukasi Tingkat Nasional tahun 2018 di Yogyakarta.
  2. Juara 3 Video Edukasi Tingkat Nasional tahun 2018 di Pontianak.
  3. Juara 3 Video Edukasi dalam rangka Hari Kanker se-Dunia tahun 2020 di Pontianak
  4. Juara 1 Iklan Masyarakat UPT Paru se-Provinsi Kalimantan Barat tahun 2020
  5. Juara 3 Iklan Masyarakat antar Poltekkes se-Indonesia tahun 2020
  6. Juara 1 Voli Pornimakes Regional Kalimantan tahun 2018 di Poltekkes Kemenkes Pontianak
  7. Juara 1 Voli Pornimakes Regional Kalimantan tahun 2019 di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

Plorentina Nopita dari Prodi Keperawatan Singkawang dengan prestasi:

  1. Juara 2 Lomba Tenis Meja Beregu dalam Pornimakes Regional Kalimantan tahun 2019 di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur.
  2. Juara 2 Lomba Tenis Meja Ganda Putri dalam Pornimakes Regional Kalimantan tahun 2019 di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur.

Program Diploma Tiga

Afifa Maya Sari dari Prodi Kesehatan Gigi dengan prestasi:

  1. Juara 1 Ganda Campuran Bulutangkis dalam Pornimakes Regional Kalimantan tahun 2019 di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur.
  2. Juara 2 Perorangan Bulutangkis dalam Pornimakes Regional Kalimantan tahun 2019 di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur.

Eka Ardilah dari Prodi Keperawatan Singkawang sebagai Juara 2 Cabang Bulutangkis dalam Pornimakes Regional Kalimantan tahun 2019 di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur.

 

Atas nama civitas akademika, selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah resmi dinyatakan berhasil menyelesaikan pendidikan. Semoga kelulusan saudara sekalian menambah kuat jajaran tenaga kesehatan di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat dalam memberikan pelayanan kesehatan. Mari bersama kita wujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara yang kuat dan berdaya saing.

Terima kasih kami sampaikan kepada orang tua atau wali wisudawan yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di Poltekkes Kemenkes Pontianak. Semoga pelayanan kesehatan Indonesia khususnya di Kalimantan Barat menjadi semakin baik. Kami menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya apabila kami belum memberikan pelayanan maksimal dalam mendidik putra-putri Bapak/ibu dan saudara-saudara sekalian.

Kami ucapkan selamat kepada Bapak Ibu orang tua wisudawan, suami atau istri wisudawan yang telah berhasil mengantarkan atau mendorong putra putrinya atau pasangannya menyelesaikan pendidikan di Poltekkes ini.

Kami berharap, setelah proses wisuda ini, para wisudawan dapat menjaga nama baik almamater. Bergabunglah dengan Ikatan Alumni Poltekkes Kemenkes Pontianak. Dengan demikian, tali silaturahim antar alumni dan antara alumni dengan Poltekkes Kemenkes Pontianak terus terjaga, serta bersama-sama berperan dalam membesarkan Poltekkes Kemenkes Pontianak yang kita cintai ini.

Kami juga mengharapkan alumni dapat berpartisipasi dalam program tracer study dengan mengisi google form yang disebarkan melalui media sosial. Hal ini dimaksudkan sebagai usaha kami untuk mengetahui relevansi lulusan Poltekkes Pontianak dengan dunia kerja.

Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita semua untuk terus melaksanakan amanah-Nya sehingga mampu meraih ridho-Nya di dunia dan akhirat kelak. Demikian, terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *