Sejarah Singkat

Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak (Poltekkes Kemenkes Pontianak) merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi kesehatan yang berasal dari pengembangan sekolah kesehatan milik Kementerian Kesehatan (d.h. Departemen Kesehatan) RI yang ada di Kalimantan Barat. Sejarah pendirian pendidikan sekolah kesehatan yang dirintis oleh pemerintah dimulai dari Sekolah Penjenang Kesehatan Pontianak, tahun 1958 berubah menjadi Sekolah Pengatur Rawat (SPR) Pontianak. Tahun 1978 SPR dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Depkes Pontianak yang kemudian tahun 1980 didirikan SPK Depkes Singkawang. Sekolah Pembantu Penilik Hygiene (SPPH) berdiri pada 1985, diikuti Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK) dan Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG) pada 1986 serta Sekolah Pembantu Ahli Gizi (SPAG) pada 1990. SPK, SMAK dan SPRG merupakan Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) Kesehatan, sedangkan SPPH dan SPAG merupakan Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) Diploma 1 Kesehatan.

Sekolah-sekolah kesehatan tersebut pada 1998 berubah status menjadi akademi-akademi kesehatan yang melaksanakan pendidikan Diploma III. SPPH berubah menjadi Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Depkes Pontianak, SPAG menjadi Akademi Gizi (Akzi) Depkes Pontianak, SPRG menjadi Akademi Keperawatan Gigi (AKG) Depkes Pontianak, SMAK menjadi Akademi Analis Kesehatan (AAK) Depkes Pontianak, SPK Depkes Pontianak menjadi Akademi Kebidanan (Akbid) Depkes Pontianak dan SPK Depkes Singkawang menjadi Akademi Keperawatan (Akper) Depkes Singkawang.

Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraaan Sosial RI No. 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 yang dikeluarkan pada 2001 mengubah pengelolaan akademi-akademi kesehatan milik Depkes RI yang ada di Kalimantan Barat menjadi Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan (Poltekkes Depkes) Pontianak. Perubahan ini menjadikan akademi-akademi tersebut menjadi Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jurusan Gizi, Jurusan Kesehatan Gigi, Jurusan Analis Kesehatan, Jurusan Kebidanan, dan Jurusan Keperawatan yang menyelenggarakan Pendidikan Diploma III. Jurusan Kesehatan Lingkungan membuka Program Studi (Prodi) Diploma IV pada 2006, menyusul Prodi Diploma IV Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Analis Kesehatan pada 2011. Prodi Pendidikan Profesi Ners Pontianak dibuka pada 2018. Jumlah prodi di Poltekkes Kemenkes Pontianak terdiri 13 program studi yang meliputi enam Prodi Diploma III, enam Prodi Diploma IV dan satu Prodi Pendidikan Profesi Ners.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *