Tujuan

Terselenggaranya kegiatan Pendidikan Program Studi Diploma IV Analis Kesehatan merupakan kerjasama dengan beberapa pihak stakeholder, baik dari kualitas dosen yang terstandar, penelitian dan pengabdian masyarakat yang meningkat sehingga memiliki kualitas lulusan,. Tercapainya  tujuan tesebut dilakukan dengan:

  1. Mendidik peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional di bidang kesehatan, baik secara pengetahuan, teknologi, dan seni.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan berbagai pengetahuan, teknologi dan seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yang adil dan merata serta mempertahankan dan memperkaya kebudayaan nasional.

Guna melaksanakan tujuan tersebut Program Studi Diploma IV Analis Kesehatan menyelenggarakan “TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI“ yang secara terus menerus diupayakan agar saling mendukung dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya pendidikan yang dimiliki. Adapun penjabaran dari penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebagai berikut:

1. Sektor Pendidikan

  • Aspek Teoritis dari pendidikan harus sejalan dengan   kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang mutakhir di laboratorium kesehatan.
  • Aspek Terapan dari pendidikan harus dikaitkan dengan  praktek laboratorium kesehatan yang ada di lapangan dan kebutuhan masyarakat pengguna sehingga teori yang diberikan dapat direalisasikan dalam praktek dalam pekerjaan
  • Aspek Keleluasaan pengetahuan harus diperhatikan untuk memungkinkan lulusan mengenal secara cepat bidang-bidang yang dijumpai di dunia kerja.

2. Sektor Penelitian

  • Penelitian Program Studi Diploma IV Analis Kesehatan bersifat terapan dan kajian yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, pengalaman, daya nalar, dan partisipasi dalam memecahkan permasalahan di laboratorium kesehatan/masyarakat. Dengan demikian penelitian juga merupakan wahana proses belajar mengajar yang efektif bagi dosen maupun peserta  didik.

3. Sektor Pengabdian Masyarakat

  • Pengabdian kepada masyarakat di Program Studi Diploma IV Analis Kesehatan bertujuan untuk menjalin hubungan antara Jurusan di Politeknik Kesehatan dengan institusi pemerintah, laboratorium kesehatan dan masyarakat melalui kerjasama yang selektif, yang pada akhirnya menjadikan wahana belajar mengajar yang efektif bagi dosen dan peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *