WORKSHOP PENGUATAN KELEMBAGAAN POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK

Poltekkes Kemenkes Pontianak menyelenggarakan kegiatan Workshop Roadmap Penelitian, Hilirisasi dan Inovasi, serta Penyusunan Policy Brief pada tanggal 11-12 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan (Pusbangdik) yang di pimpin oleh Ir. Martinus Ginting, M.Kes. dan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) yang dipimpin oleh Dedi Damhudi, S.Kp, M.Kep.Sp.KMB.

Penyelenggaraan kegiatan ini adalah upaya untuk melakukan penguatan kelembagaan di tahun 2024. Pada sambutannya, Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Dr. Kelana Kusuma Dharma, S.Kp., M.Kes. menyampaikan bahwa pihaknya sangat optimis untuk menghadapi tahun depan. Dengan konsep PUI dan SUP-PK yang telah disahkan, yakni mengarah kepada Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Poltekkes Kemenkes Pontianak siap melahirkan lulusan yang handal tentu saja dengan keahlian di bidang KIA.

 

Kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Pontianak dan Universitas Tanjungpura dibuktikan dengan hadirinya pemateri yaitu Dr. Ir. Yohana S.K. Dewi, M.P. Dalam pemaparannya, beliau berpesan dalam pembuatan road map, tidak serta merta langsung begitu saja, tetapi harus memperhatikan rencana strategik (renstra). Renstra menjadi pijakan awal bagaimana sebuah penelitian akan diadakan. Riset unggulan juga harus dipertimbangkan dan di kembangkan lagi di dalam Program Studi. Beliau juga menambahkan bahwa Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) juga harus diperhatikan, agar nantinya hasil penelitian dapat diadopsi karena sudah adanya hilirisasi ilmu yang merupakan produk kebermanfaatan bagi masyarakat. Renstra yang berfungsi sebagai panduan dan penentu arah dalam melaksanakan pengembangan ke masa depan untuk menjadi institut kesehatan. Selain itu juga dimaksudkan untuk dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam menentukan keberhasilan tahap-tahap pelaksanaan kegiatan serta merencanakan kegiatan berikutnya. Rencana Strategis ini sebagai rencana garis besar harus dijabarkan menjadi rencana kegiatan dan rencana anggaran belanja tahunan.

Dalam sambutannya, Kepala Pusbangdik dan PPM juga menegaskan pentingnya melakukan penelitian sesuai roadmap yang berlaku, sehingga hilirisasi dan inovasi produk hasil penelitian bisa dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat. Pada akhirnya penyusunan Policy Brief juga akan mudah dilakukan dan diaplilkasikan di masyarakat. RED-ATA.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *