Pembukaan KKN Tematik Poltekkes Kemenkes Pontianak Tahun 2021

Pontianak- Acara Pembukaan KKN Tematik 2021 dengan tema “Bersama Poltekkes Kemenkes Pontianak, Sehat Keluargaku, Tangguh Desaku” oleh Poltekkes Kemenkes Pontianak digelar secara online pada 31 Mei 2021 yang dimulai pukul 10.00 WIB menggunakan media zoom dan Youtube. Pelaksanaan pembukaan secara online dilakukan untuk menghindari penularan di masa pandemic dan memfasilitasi peserta mahasiswa yang terpencar di daerah masing-masing.

“KKN Tematik merupakan bagian dari kurikulum Prodi yang ada di Poltekkes Kemenkes Pontianak, yang tujuannya adalah agar mahasiswa memiliki pengalaman untuk menyelesaikan masalah yang ada di tempat KKN nya berdasarkan bidang keilmuan yang dimiliki peserta KKN,” ujar Edy Waliyo sebagai Ketua Panitia KKN Tematik 2021 Poltekkes Kemenkes Pontianak.

Mahasiswa yang akan mengikuti KKN Tematik ini adalah mahasiswa tingkat akhir sejumlah 638 orang. Wilayah yang akan dilakukan KKN Tematik meliputi 15 Kabupaten Kota, 2 Provinsi, yang terdiri dari 135 kelompok mahasiswa KKN. Kelompok-kelompok KKN tersebut memiliki anggota sekitar 6-8 kelompok yang melakukan KKN mandiri di desa tempat tinggalnya dengan pertimbangan kondisi pandemic saat ini. Mahasiswa yang turun akan dibina sebanyak 31 Dosen Pembimbing Lapangan guna kelancaran kegiatan KKN.

Pembukaan KKN tematik ini diawali dengan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa dan pembukaan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak Didik Hariyadi, S.Gz.,M.Gizi. Dalam kesempatan ini Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak menyampaikan pesan kepada mahasiswa akan pentingnya peran mahasiswa sebagai agent of change terutama di bidang Kesehatan. Menurut beliau ada enam kemampuan yang perlu dimiliki oleh mahasiswa dalam melakukan perubahan, diantaranya; (1) Komunikasi; (2) Motivasi, (3) Personal, Persepsi dan Pengambilan Keputusan; (4) Pembelajaran dan Pembelajaran organisasi; (5) Nilai, Sikap dan Kepuasan dalam bekerja; dan terakhir (6) Manajemen Konflik

Menyambung pesan yang disampaikan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, dosen gizi Desi, S.Gz.,M.Gizi. menyampaikan bahwa sebagai agent of change mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pontianak dapat mengembangkan kemempuan di bidang Kesehatan dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Kesempatan KKN ini menuntut mahasiswa untuk dapat melakukan pemecahan masalah yang ada di masyarakat, berbasis pemberdayaan masyarakat dengan didampingi oleh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pontianak, khususnya di bidang Kesehatan.

Secara Keseluruhan pelaksanaan KKN Tematik 2021 Poltekkes Kemenkes Pontianak, di daerah masing-masing pada masa pandemi, diharapkan dapat menambah keterampilan mahasiswa sebagai agen perubahan tanpa terhalang kondisi pandemi terutama di bidang Kesehatan di masyarakat (VWH)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *