Poltekkes Kemenkes Pontianak Siap Sukseskan Program Pilot Project WHO Tahun 2023

Pontianak – Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Unit Pengembangan Bahasa dalam upaya pendampingan pembuatan modul Rintisan Kelas Internasional oleh Dosen Keperawatan.  Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dalam rangkaian “Strengthening The Capacity of Health Polytechnic Lectures for International Class Nursing Study Program”. Kegiatan ini mencakup peningkatan kompetensi Bahasa Inggris pada dosen mencakup penerapan Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar dan penggunaan istilah Kesehatan dalam topik suatu mata kuliah di program studi keperawatan, Kelas Internasional Poltekkes.

Poltekkes Kemenkes Pontianak yang dipimpin oleh Bapak Dr. Kelana Kusuma Dharma, S.Kp., M.Kes., yang dalam ini dipinang oleh Kementerian Kesehatan untuk menjadi The Lead of Champion Team, berkesempatan meraih keuntungan bersama tiga (3) Poltekkes lainnya yang mendapatkan kesempatan dalam Pilot Program yang disokong oleh World Health Organization (WHO). Seperti yang sudah diketahui, komitmen Kementerian Kesehatan untuk melakukan transformasi Kesehatan melalui enam (6) pilar, yaitu pada: 1) layanan primer, 2) layanan rujukan, 3) system ketahanan Kesehatan, 4) system pembiayan Kesehatan, 5) SDM Kesehatan, 6) Teknologi Kesehatan. Selaras dengan pilar ke-5, berkaitan dengan SDM Kesehatan-upaya penyiapan, percepatan ketersediaan, dan meningkatkan kualitas sungguh sangat diperlukan.

Dalam rangka menyukseskan cita-cita besar yakni mewujudkan World Class University, Tim Pusat Pengembangan Pendidikan yang dikepalai oleh Ir. Martinus Ginting, M.Kes. bekerja sama dengan Unit Pengembangan Bahasa yang dikepalai oleh Riska Regia Catur Putri, S.ST., M.K.M., menyelenggarakan workshop Penyusunan Modul Pembelajaran Pilot Program Strengthening Health Polytechnic Lecturers Towards International Class Poltekkes Kemenkes Pontianak Tahun 2023. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh oleh direktur dan jajaran.

            Program Strengthening the Capacity of Health Polytechnic Lecturers for International Class ini menjadi satu diantara  satu solusi untuk meningkatkan kompetensi Bahasa Inggris pada dosen, yang mencakup penerapan Bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar khususnya di kelas Keperawatan. Tim Dosen dari Poltekkes Kemenkes Pontianak yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah H. Amandus, S.Kep., Ns. M.P.H., Wiradianto Putro, S.Kep., MPH, Ns. Suhariyanto, M.Kep., Ns. Azhari Baedlawi, M.Kep., dan Ruri Virdiyanti, S.Kep, Ners., M.Kep. Apresiasi setinggi-tingginya kami berikan kepada Kementerian Kesehatan yang telah menjadi jembatan, bagi dosen dan WHO, dan tentu saja WHO dalam hal ini yang telah memberikan dukungan penuh dalam penyediaan English Native Speaker dan tim konsultan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang akan membantu penyiapan modul perkuliahan dalam Bahasa Inggris dan sekaligus penguatan kapasitas Dosen. Pada akhirnya, Poltekkes Kemenkes Pontianak akan selalu siap menjadi bagian dalam menyukseskan cita-cita besar Kementerian Kesehatan. Red-ATA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *