DOSEN POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK SIAP SAJIKAN PERKULIAHAN BERBASIS HOTS

 

Pontianak – Peningkatan kapasitas dosen dianggap sangat perlu, terlebih lagi dengan metode pengajaran yang beragam pada masa sekarang ini. Pandemi Covid-19 menuntut kita berinovasi dalam berbagai metode mengajar baik bagi dosen maupun bagi mahasiswa. Beberapa perubahan yang sudah dilakukan, diantaranya Synchronous dan Asynchronous learning, sudah tidak asing lagi di pendengaran kita. Sekarang ditambah dengan metode Hybrid Learning yang memadukan perkuliahan tatap muka dan juga pembelajaran daring. Banyak yang berjuang, mahasiswa tidak sendirian dalam menghadapi perubahan ini, tetapi para pengajar dan instruktur juga berupaya dalam memperbaiki diri yang diikuti juga dengan perbaikan kualitas mengajar. Beberapa upaya yang digaungkan diantaranyaadalahmemperbaiki kurikulum, rencana pembelajaran, sampailah kepada perbaikan bahan ajar.

langkah-langkah ini tentu saja sudah dilalui oleh Poltekkes Kemenkes Pontianak. Dimulai dengan penjajakan ulang kurikulum yang melibatkan seluruh Jurusan. Kemudian perbaikan komponen Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disesuaikan dengan kondisi sekarang ini, hingga Workshop Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis atau High Order Thinking Skills (HOTS). Kegiatan ini berkat dukungan penuh pimpinan institusi yang dipimpin langsung oleh Bapak Didik Hariyadi, S.Gz., M.Si. yang pada kesempatan membuka kegiatan workshop beliau menyampaikan bahwa, “Keberhasilan menuju kampus berskala global tidak lepas dari dukungan setiap orang, tidak ada yang mampu bekerja sendiri, dan tidak akan ada yang berhasil dengan bekerja sendirian”. Kutipan speech ini tentu saja

menyadarkan kembali peserta workshop bahwa setiap orang adalah kesatuan yang tidak akan lepas. Tidak ada yang begitu lemah, dan tidak ada orang yang sangat hebat. Kita adalah tim dalam sistem yang membuat kampus Poltekkes Kemenkes Pontianak menjadi lebih baik.

Ir. Martinus Ginting. M.Kes.

Ka. Pusat Pengembangan Pendidikan

 

Segala bentuk kegiatan penunjang yang berhasil terlaksana sampai dengan hari ini adalah kerja keras dari tim Pusat Pengembangan Pendidikan (PUSBANGDIK) dibawah arahan dan pimpinan Bapak Ir. Martinus Ginting, M.Kes. yang tentu saja juga didukung penuh oleh setiap unit yang berkepentingan. Begitu banyak kegiatan penunjang pengembangan pendidikan yang berhasil terlaksana dikarenakan cita-cita besar beliau dalam mengedepankan tujuan dan fungsi PUSBANGDIK itu sendiri. Beliau berpesan dalam setiap kegiatan bahwa penting bagi setiap peserta kegiatan mendengarkan dan membuat rencana tindak lanjut berdasarkan materi yang telah diberikan agar kualitas diri menjadi lebih baik, dan secara sadar memberikan kontribusi positif bagi institusi dan tentu saja mahasiswa sebagai konsumen utama.

Workshop bahan ajar berbasis HOTS yang dilaksanakan pada Senin, 8 November 2021 di Hotel Aston Pontianak ini terlaksana berkat kerjasama yang terjalin antara Poltekkes Kemenkes Pontianak dengan Universitas Tanjungpura. Adapun pemateri yang hadir pada kesempatan kali ini adalah Prof. Dr. Aunurrahman, M.Pd. yang menyampaikan materi tentang Paradigma HOTS dan karakteristik serta prinsip-prinsip bahan ajar. Pemateri kedua adalah Ir. Sutarman Gafur, M.Sc., Ph.D. dengan materi Proses dan tahapan penyusunan bahan ajar berorientasi HOTS, dan selanjutnya adalah Dr. Bistari, M.Pd. yang menyampaikan materi Telaah RPS dan penyusunan konten bahan ajar berorientasi HOTS. Segenap keluarga besar Poltekkes Kemenkes Pontianak mengucapkan banyak terima kasih kepada pemateri yang sudah bersedia hadir dalam memfasilitasi kegiatan dan juga kepada seluruh peserta workshop yang sudah bersemangat dan berpartisipasi aktif selama kegiatan. Jayalah Poltekkes Kemenkes Pontianak. (Red. Ata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *