Publikasi Penelitian Ke Jurnal Internasional Publikasi Penelitian Ke Jurnal

Penelitian merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki kedudukan penting guna mendukung pengembangan dan pelaksanaan dua Dharma lainnya yaitu pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2002, Perguruan Tinggi merupakan salah satu lembaga yang berfungsi membentuk sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta bertanggungjawab meningkatkan kemampuan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui beberapa hal, seperti publikasi jurnal internasional.

Pemerintah Indonesia saat ini sangat menekankan peningkatan kualitas/mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah melalui peningkatan kualitas/mutu pendidikan perguruan tinggi. Secara tidak langsung kualitas penelitian dan publikasi internasional dari perguruan tinggi menjadi sorotan utama oleh Pemerintah. Jumlah dan kualitas manuskrip yang telah terpublikasi akan memengaruhi citra atau mutu akademik suatu instansi. Oleh karena itu, hal ini memacu dosen atau para peneliti untuk mempublikasikan manuskripnya di jurnal internasional yang bereputasi.

Keberadaan artikel ilmiah pada jurnal internasional diperlukan untuk menunjang internasionalisasi Poltekkes. Semakin tinggi jumlah publikasinya, angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga semakin meningkat..Salah satu akar permasalahan yang berhasil diidentifikasi adalah kurangnya publikasi dosen dalam jurnal internasional bereputasi. Faktor yang berpengaruh antara lain adalah belum semua dosen terlatih dalam penulisan draft naskah jurnal internasional. Oleh karena itu, perlu peningkatan kemampuan dalam penulisan jurnal bagi  dosen Poltekkes Kemenkes Pontianak sehingga perlu diselenggarakan workshop Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional  untuk dosen di lingkungan Poltekkes dan PT lainnya.

Kegiatan pendampingan penulisan artikel untuk jurnal bereputasi internasional memberikan kesempatan kepada dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya yang belum dipublikasikan ke jurnal ilmiah dengan harapan melalui  kegiatan ini, maka akan semakin banyak dosen yang akan berhasil mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal internasional.

Hasil penelitian atau pemikiran yang dipublikasikan dan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan berpeluang untuk dipublikasikan di jurnal internasional. Hal ini berarti selain jurnal sebagai tempat publikasi, kualitas dan teknik penulisan artikel ilmiah merupakan parameter penting yang diperhatikan dalam penulisan.

Penyelenggaraaan workshop akan membangkitkan motivasi pentingnya publikasi ilmiah, memberikan tips dan trik dalam menembus publikasi  pada jurnal internasional bereputasi, dan membantu proses/pendampingan untuk menulis, mengirim, dan menjawab/menanggapi hasil review pada jurnal ilmiah internasional bereputasi, sehingga diharapkan dapat mempercepat publikasi artikel ilmiah dosen pada. jurnal bereputasi internasional. Selain itu, dengan adanya pendampingan penulisan manuscript jurnal, kemampuan dosen dalam menganalis dan mengintepreasikan hasil penelitian dapat meningkat, termasuk dalam hal penulisan artikel ilmiah.

Penyelenggaran  workshop ini  dilaksanakan pada  hari, kamis-sabtu, tanggal 7-9 September 2017 di Aula Jurusan Kebidanan  Poltekkes Kemenkes Pontianak. Kegiatan di buka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Bapak Dr. Khayan, SKM,M.Kes.  Peserta workshop adalah dosen sebanhak 35 peserta yang merupakan Dosen Poltekkes Kemenkes Pontianak dan Perguruan Tinggi lainnya di Propinsi Kalimantan Barat.

Materi Kegiatan workshop yang disampaikan oleh narasumber.meliputi :

  1. Pentingnya publikasi jurnal internasional bagi dosen
  2. Masalah dan topic penelitian yang layak pada jurnal ilmiah
  3. Jurnal-jurnal terindeks scopus dan daftar jurnal predator
  4. Jurnal-jurnal internasional yang diakui oleh DIKTI
  5. Langkah-langkah Penulisan Jurnal Internasional dan Identifikasi Jurnal Palsu (Pseudo Journal) dan Plagiarism
  6. Bimbingan manuskrip jurnal untuk publikasi nasional terakreditasi dan internasional
  7. Presentasi wakil peserta tentang hasil manuskrip jurnal internasional yang siap untuk publikasi

Narasumber  kegiatan workshop publikasi hasil penelitian ke jurnal internasional, adalah Bapak Setiawan, SKM, M.Kes dari Poltekkes Kemenkes Surabaya dan Bapak Dr Era Purwanto, M.Eng dari Politeknik Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Diharapkan setelah mengikuti program workshop ini, peserta diharapkan mampu 1) Mengidentifikasi jurnal-jurnal internasional dan pseudo journal, 2) Mencari ide atau permasalahan penelitian yang layak untuk dipublikasikan di jurnal internasional dan 3) Menyusun manuskrip jurnal untuk publikasi nasional terakreditasi dan internasional.

Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yag berarti dimana peserta cukup antusias mengikuti rangkaian kegiatan workshop dari penjelasan awal terkait pentingnya publikasi jurnal internasional hingga bimbingan manuskrip jurnal untuk publikasi nasional terakreditasi dan internasional.

Hasil dari pelatihan ini diharapkan Poltekkes Kemenkes Pontianak mencoba mempersiapkan dan mendorong dosen agar lebih giat melakukan penelitian yang berkualitas sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan pada workshop ini sehingga mampu bersaing di tingkat internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *