PKL /PKMD /KKN

Praktek Kerja Lapangan merupakan kegiatan mahasiswa yang bertujuan memberikan pengalaman belajar-mengajar, meningkatkan keterampilan dan pengalaman mengenai masalah di lapangan yang dilaporkan dalam bentuk tulisan ilmiah dengan bimbingan dosen yang ditunjuk oleh Poltekkes Pontianak, agar memperoleh hasil yang efektif, efisien dan optimal dalam mencari, mengolah, menganalisis data /informasi serta menginterpretasikan hasilnya pada saat intervensi kepada masyarakat.

Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan mencakup :

1. Kepanitiaan ;

  • Panitia Pelaksana PKL /PKMD /KKN ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur, setelah melalui pembahasan bersama dosen & Pudir bidang akademik.
  • Telah dilakukan penjajagan lokasi praktek dan dimantapkan dengan surat perjanjian kerja sama (MOU)

2. Mahasiswa ;

  • Mahasiswa ditugaskan untuk mengikuti dan mempelajari bidang pekerjaan tertentu di lapangan /lahan yang sesuai dengan bidang studi pada jurusan /prodi masing-masing serta melaporkan kegiatannya      secara tertulis.
  • Laporan yang dibuat mencakup deskripsi kegiatan/pekerjaan, kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan kegiatan/pekerjaan.

3. Pembimbing ;

  • Pembimbing PKL berasal dari dosen biasa, dosen luar biasa dan instruktur yang terdapat di lahan praktek.
  • Pembimbing lahan praktek disyaratkan memiliki jenjang pendidikan satu tingkat lebih tinggi atau setara yang berkompeten dan berpengalaman bekerja di bidangnya minimal 3 (tiga) tahun.